Ensklopedia Islam

Monday, December 1, 2008

Penemuan kembali air Zam-Zam


Air zam-zam pernah lama dikubur dengan sengaja oleh suku Jurhum yang pernah terusir dari kota Mekkah. dan air zam-zam itupun terkubur untuk waktu yang begitu lama hingga ditemukan kembali oleh Abdul Muthalib. ketika Abdul Muthalib sedang tidur di Hijr Ismail., dan mendengar suara yang menyerukan menggali tanah.
" Galilah thayyibah ( yang baik ) "
" yang baik yang mana ? " tanyanya.

Esoknya, ketika tidur ditempat yang sama, ia kembali mendenagr suara yang sama, menyuruhnya menggali barrah ( yang baik ) ? ". ia bertanya " benda yang baik yang mana ?" lalu dia pergi.
Keesokan harinya, ketika tidur ditempat yang sama di Hijr Ismail, Abdul Muthalib mendengar lagi suara yang sama, menyuruhnya menggali maah munnah ( sesuatu yang berharga ). ia bertanya " benda baik yang mana ? ". Akhirnya dihari yang keempat dikatakan padanya " Galilah ZAm-Zam !". Abdul Muthalib bertanya " Apa itu Zam-Zam ?". ia mendapat Jawaban " Air yang tidak kering dan tidak meluap, yang dengannya engkau memberi minum para haji. Dia terletak diantara tahi binatang dan darah, berada dipatukan gagak yang hitam, berada disarang semut ".
Sesaat Abdul Muthalib bingung dengan tempatnya tersebut, sampai akhirnya ada kejelasan dengan melihat kejadian yang diisyaratkan kepadanya. Ia pun bergegas menggalinya. lalu ada orang-orang Quraisy bertanya kepadanya, " Apa yang engkau lakukan , hai Abdul Muthalib ? "
Dia menjawab, " Aku diperintahkan menggali zam-zam ", sampai akhirnya ia beserta anaknya , Harits mendapatkan apa yang diisyaratkan dalam mimpinya, menggali kembali sumur zam-zam yang telah lama dikubur dengan sengaja oleh suku Jurhum, tatkala mereka terusir dari kota Mekkah.
Keutamaan dan khasiat air zam-zam
Air zam-zam memiliki keutamaan dan khasiat seperti yang dijelaskan Rasullulah sallallahu wa salam dan para ulama yang disampaikan dengan beberapa dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan air zam-zam diantaranya :

1. Dari Jabir dan Ibnu 'Abbas, Rasulullah sallallahu wa salam bersabda, " Air zam-zam tergantung niat orang yang meminumnya ".

2. Ibnu Taimiyyah berkata : ' Seseorang disunnahkan untuk meminum air zam-zam sampai benar-benar kenyang, dan berdo'a ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya ( menggunakan air zam-zam ).

3. Dari Ibnu 'Abbas , Rasulullah sallallahu 'alaihi wa salam bersabda " Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zam-zam. didalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit ".

4. Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba'i, ia berkata : " Aku duduk bersama 'Ibnu 'Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. 'Ibnu 'Abbas mengatakan, " Sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air zam-zam. "
( HR. Bukhari )

Demikianlah penjelasan singkat tentang air zam- zam. Rasululullah sallallahu 'alaihi wa salam telah memberitahukan kepada kita dan membenarkahn khasiat dan keutamaan air yang tidak pernah kering tersebut, meskipun setiap hari diambil diambil oleh banyak manusia. Dengan mengetahui secara sepintas air zam-zam ini, maka hendaknya dapat meningkatkan dan memperkuat sandaran dan ketergantungan kita kepada Allah. yang Maha Penguasa, Tuhan Semesta Alam. wallahu a'lam.
Sumber : Disadur dari majalah As Sunnah edisi 09/tahun X/1427 H/2006 M.
posted by Admin at Monday, December 01, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home