Ensklopedia Islam

Wednesday, December 10, 2008

Bukan Jabal Rahma.

Didaerah Arafah terdapat sebuah gunung kecil yang dikenal oleh orang-orang dengan nama Jabal Rahma. Berdasarkan penelitian secar intensif, nama ini, tidak ada satu pun hadits yang menyebutkan nama ini dikitab-kitab hadits. Bangsa Arab dahulu menyebutnya dengan nama Jabal Alal atau Jabal Ilal. dan yang populer adalah nama yang pertama, yaitu Jabal Alal, sebagaimana tercantum diprosa-prosa dan syair-syair mereka. teks paling kuno yang menyebutkan nam gunung kecil tersebut menurut penelitian Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid, adalah keterangan yang tertulis pada tahun 444 H. dalam buku Safar Nama, pada perjalanan Nashir Hasrah yang meninggal pada tahun 444 H.

Sebagaimana tertera dalam keterangan-keterangan yang ada. gunung kecil ini hanya memiliki dua nama. Yaitu, Jabal Alal yang tertulis dalam prosa -prosa dan syair Bangsa Arab. sedangkan nama kedua, yaitu Jabal Arafah, sebuah nama yang diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas. para Fuqaha seringkali memakai salah satu dari keduanya. Seharusnya kita mengembalikan sesuatu pada asalnya, dan penamaannya yang asli. Apalagi dalam hal-hal yang berhubungan dengan ibadah dan tempat-tempatnya.

Berdasarkan penelitian para ulama, tidak ada riwayat yang menunjukan keistimewaan gunung tersebut atau tentang keutamaannya. Gunung ini memiliki status yang sama denngan gunung-gunung yang lainnya di daerah Arafah. dan tidak ada ibadah yang disyariatkan saat berada diatasnya. selain tu, nama Jabal Rahma mengandung efek buruk terhadap orang-orang yang dangkal ilmu agamanya. Mereka melakukan perbuatan syirik, yaitu orang-orang yang belum mendapatkan jodoh, mereka foto digunung tersebut, dengan harapan akan segera mendapatkan jodoh, baik dari jamaah haji sendiri ataupun titipan dari tanah air.

Atau juga ada sebagian jamaah haji yang beribadah digunung tersebut, padahal tidak ada tuntunan dari Nabi. mereka berwuquf disana dan meyakini afdhaliyah tempat itu daripada tempt lain yang ada di Arafah.

Sumber : Jabal Ilal bi Arafat Tahqiqatun Tarikhiyah Syar'iyah. karya Bakr bin Abdillah Abu Zaid, Darul 'Ashimah.

Assalamu'alaikum. netter. sedikit info bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan tentang kesehatan. silakan kunjungi blog saya lainnya, semoga bermanfaat. Amiin.
posted by Admin at Wednesday, December 10, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home