Ensklopedia Islam

Monday, December 15, 2008

Tauhid kepada Allah sebagai landasan agama islam.

islam
salaf
ensikopediaislam

Tauhid kepada Allah sebagai landasan agama Islam. menurut bahasa tauhid ialah masdar ( kata benda ) dari kata kerja wahda yang merupakan pecahan ( musytaq ) dari kata wahid yang bermakna satu, tunggal dan sendiri. Dikatakan wahhada dan Ahhada artinya : menyatukannya atau mentauhidkannya. Dan dikatakan pula : mutawahid semakna dengan munfarid , artinya : sendiri.

Sedangkan menurut istilah syar'iyah : Tauhid ialah mengesakan Allah dalam rubbubiyah ( kesendirianNya dalam mencipta, memberi rizki, mengatur dabn seterusnya) dan dalam uluhiyah ( beribadah hanya kepadaNya) tiada sekutu bagiNya dan mengesakan Allah dalam nama-namanya yang husna ( baik ) serta sifat-sifatNya yang tinggi dan beriman kepada risalah yang dibawa oleh nabi Muhammad Saw dan ( percaya) bahwa beliau adalah penutup para nabi serta mengikuti semua yang disampaikannya dari Allah Swt.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata :
" Tauhid yang dibawa oleh para rosul itu ialah yang mengandung penetapan ( itsbat) uluhiyah ( ibadah) hanya kepada Allah, tidak beribadah melainkan hanya kepada-Nya. tidak mencintai (loyal) melainkan karenaNya, tidak memusuhi kecuali karenaNya,. Bukanlah yang dimaksud dengan tauhid, semata-mata mengakui tauhid Rubbuiyah saja".

Hukum mempelajari tauhid ialah fardhu 'ain bagi setiap muslim dan muslimah. Sebagaimana yang difirmankan Allah ta'ala dalam QS. Muhammad (47) : 19 :

فَٱعۡلَمۡ أَنَّهُ ۥ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۢبِكَ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ‌ۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مُتَقَلَّبَكُمۡ وَمَثۡوَٮٰكُمۡ (١٩)
Artinya :
Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan ( yang hak ) disembah melainkan Allah, dan mohonlah ampun bagi dosamu dan bagi ( dosa ) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu. Bersambung...........

Bagi kamu yang ingin menggali ilmu tentang ilmu kesehatan dan beragam topik. silakan kunjungi situs berikut
posted by Admin at Monday, December 15, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home