Ensklopedia Islam

Wednesday, December 17, 2008

Macam-macam Tauhid

macam-macam tauhid dalam Islam

Tauhid terbagi kepada 3 macam. adapun macam-macam tauhid tersebut adalah :

1. Tauhid Rubbubiyah yaitu meyakini bahwa Allah Swt yang menciptakan hambaNya, yang memberi rizki , yang menghidupkan dan mematikan mereka. orang-orang musyrik dizaman Nabi Muhammad SAW, orang yahudi Nasrani, dan Majusi, semuanya mempercayai jenis tauhid ini. kecuali orang-orang Dahriyin ( yang mempertuhankan masa) yang mengingkarinya dizaman dahulu serta orang-orang komunis dizaman sekarang.

Tauhid rubbubiyah sejak awal sudah tertanam dalam fitrah ( manusia ) sebagaimana dalam hadits :

" Setiap bayi itu dilahirkan dalam keadaan suci ( fitrah ). maka kedua orang tuanya lah yang membentuk mereka menjadi Yahudi, Nasrani, dan Majusi " ( HR. Bukhari-Muslim )

Tauhid jenis ini belum cukup menjadikan seseorang sebagai pemeluk agama Islam, dan belum menjamin ( kehormatan ) darah dan hartanya. Tauhid ini juga belum cukup menyelamatkannya diakhirat dari api Neraka sebelum ia menyertkannya dengan tauhid uluhiyyah.

2. Tauhid Uluhiyyah
Adalah mengesakan Allah Swt dalam amalan ibadah. yaitu seperti ; berdoa, bernadzar, berkorban, berharap, takut, tawakkal, dan bertaubat. Tauhid inilah yang selalu menjadi sumber pertentangan ( manusia ) dari dulu hingga sekarang . dan tauhid ini menjadi inti daripada dakwah dan seruan para Rasul kepada ummat-ummat mereka, dan dalil yang menunjukan tentang tauhid uluhiyah ini terdapat dalam firman Allah Swt.

وَلَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا نُوحًا إِلَىٰ قَوۡمِهِۦۤ إِنِّى لَكُمۡ نَذِيرٌ۬ مُّبِينٌ (٢٥) أَن لَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّا ٱللَّهَ‌ۖ إِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيۡكُمۡ عَذَابَ يَوۡمٍ أَلِيمٍ۬ (٢٦)

Artinya : Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, ( dia berkata) : Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang nyat bagi kamu, agar kamu tidak menyembah selain Allah. sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa adzab ( pada ) hari yang sangat menyedihkan. ( QS. Huud (11) : 25-26 )

Tauhid ini adalah hak Allah Swt yang wajib ditunaikan oleh hamba-hamba-Nya. ia adalah perintah agama terbesar dan landasan utama bagi semua amal. dan Al Qur'an telah menetapkannya dan menjelaskan bahwa tidak ada keselamatan dan kebahagiaan kecuali dengan ( merealisasikan) nya.

3. Tauhid Asma' ( Nama-nama ) dan Sifat-sifat

Tauhid yang mengesakan Allah dengan nama dan sifat-sifat yang telah Dia sebutkan bagi diriNya didalam Al-Qur'an, atau yang disebutkan-Nya melalui lisan Rasulullah Saw. yaitu dengan menetapkan semua ( nama dan sifat ) yang ditetapkannya, tanpa merubah ( tahrif) menolak ( ta'thiil ), dan tidak pula menyamaknnya denagan makhluk ( tamtsii).







Labels:

posted by Admin at Wednesday, December 17, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home