Ensklopedia Islam

Sunday, December 21, 2008

Keutamaan-keutamaan Tauhid Uluhiyyah

keutamaan-keutamaan tauhid Uluhiyyah
Tauhid Uluhiyyah memiliki keutamaan-keutamaan yang besar mencakup kebaikan didunia dan akhirat. keutamaan-keutamaan itu adalah sebagai berikut :

1. Tauhid Uluhiyah adalh nikmat yang dianugerahkan Allah Swt kepada hamba-hamba-Nya, karena Dialah yang menunjuki kepada-Nya, sebagaimana yang terdapat dalam surat An Nahl yang disebut juga dengan surat An Ni'am ( surat Nikamt-nikmat ). Dalam surat itu Allah mendahulukan nikmat tauhid dari nikmat-nikmat yang lain. dalam surat An Nahl ( 16 ) : 2. Allah Swt berfirman :

يُنَزِّلُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةَ بِٱلرُّوحِ مِنۡ أَمۡرِهِۦ عَلَىٰ مَن يَشَآءُ مِنۡ عِبَادِهِۦۤ أَنۡ أَنذِرُوٓاْ أَنَّهُ ۥ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّآ أَنَا۟ فَٱتَّقُونِ (٢)

Artinya : Dia menurunkan para malaikat dengan( membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki diantara hamba-hamba-Nya, yaitu " Peringatkanlah olehmu sekalian , bahwasanya tidak ada Tuhan ( yang hak) melainkan Aku, hendaklah kamu bertaqwa kepada-Ku. ( An-Nahl (16) : 2 )

2. tauhid Uluhiyyah merupakan tujuan diciptakannya jin dan manusia. Allah Swt berfirman :

وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ (٥٦)
Artinya : Dan aku tidak menciptakan Jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku ( QS. Adz Daariyat (51): 56 )

3. Ia merupakan tujuan dan diturunkannya kitab-kitab, diantaranya Al Qur'an Al Karim.
Allah Swt berfirman ;
الٓر‌ۚ كِتَـٰبٌ أُحۡكِمَتۡ ءَايَـٰتُهُ ۥ ثُمَّ فُصِّلَتۡ مِن لَّدُنۡ حَكِيمٍ خَبِيرٍ (١) أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّا ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّنِى لَكُم مِّنۡهُ نَذِيرٌ۬ وَبَشِيرٌ۬ (٢)

Artinya :
( Inilah ) Suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan dari sisi (Allah) yang Maha Bijaksana lagi Maha tahu, agar kamu tidak menyembah selain Allah, sesungguhnya aku ( Muhammad) adalah pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira kepadamu daripada-Nya. ( QS. Huud (11) : 1-2 )

4. Di antara keutamaannya, bahwa sesungguhnya ia merupakan jalan utama untuk keluar dari kesulitan dan menghindari siksaan didunia dan khirat, sebagaimana dalam kisah Yunus 'Alaissalam, yang diabadikan Allah didalam Al Qur'an.

5. Dapat mencegah seseorang kekal didalm neraka, selama tauhid tersebut masih ada didalam hati, walau hanya sebesar biji sawi.

6. Dan jikalau tauhid ini sempurna tertanam didalam hati seseorang, dia akan terhindar sama sekali dari siksa api Neraka, sebagaimana yang terdapat dalam hadits 'Itban yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim.

7. Orang yang memiliki akan mendapatkan petunjuk dan keamanan yang sempurna didunia dan akhirat. Allah Swt berfirman :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يَلۡبِسُوٓاْ إِيمَـٰنَهُم بِظُلۡمٍ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ لَهُمُ ٱلۡأَمۡنُ وَهُم مُّهۡتَدُونَ (٨٢) Artinya :
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kedzaliman ( syirik ), mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. ( QS> Al An'am (6) : 82 )
Bersambung........

Netter, bagi kamu yang ingin mengetahui info kesehatan. silakan kunjungi situs berikut disini

Labels:

posted by Admin at Sunday, December 21, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home