Ensklopedia Islam

Sunday, December 28, 2008

Produk Halal dan Baik lagi Bermutu.

Produk halal dan baik lagi bermutu
Produk halal dan baik lagi bermutu memang sanagt dianjurkan dalam pembelian maupun konsumsinya, khususnya kaum Muslimin. perintah untuk mengkonsumsi makanan halal dan thoyib, disyariatkan Allah dalam banyak ayat Al quran. diantaranya pada surat al Baqarah ayat 168, ayat 172. Al Maidah : 88 An-Nahl : 114 serta surat al Mu'minun: 51. Begitu pula larangan untuk mengkonsumsi segala yang haram dan buruk tersebar dibanyak ayat seperti pada surat Al baqarah ayat: 173, Al Maidah: 90-91 ( tentang haaramnya khamar), Al An'am ayat 145, Al A'raf: 157 serta Al Baqarah : 195.
Adapun dalil Hadits Rasulullulah Saw yang menjelaskan tentang kaidah halal dan haram serta syubhat :
" Segala yang halal itu sudah jelas, dan segala yang haram pun sudah jelas, dan diantara keduanya ada yang syubhat ( samar-samar, tidak jelas antara halal dan haramnya ), yang kebanyakan manusia tidak mengetahui hukumnya. Maka barangsiapa yang berhati-hati terhadap segala yang syubhat sungguh dia telah menyelamatkan agama dan kehormatan dirinya."( HR. Bukhari, Ahmad dan Ibnu Majah ).

Rasullullah saw juga mengingatkan bahwa : " Allah telah mewajibkan beberapa kewajiban, janganlah kamu abaikan, Telah menetapkan beberapa batasan, janganlah kamu langgar, telah mengharamkan beberapa hal, janganlah kamu rusak, dan tidak menjelaskan beberapa hal sebagai kasih sayang bagimu, bukan karena lupa. maka janganlah kamu bertanya-tanya tentang hukumnya ( HR. Daraquthni, dinilai shohi oleh Imam Nawawi).

Melihat ayat-ayat dan hadits ini tentunya menjadi jelaslah bagi setiap muslim bahwa persoalan menjaga diri untuk hanya mengkonsumsi segala yang halal dan baik adalah sebuah keharusan, keniscayaan, kewajiaban. sebab dia merupakan syariat, aturan Allah, Maha Penguasa, Pemilik Alam, pengatur kehidupan dan kematian.

Netter, ada banyak informasi lainnya tentang Islam dan kesehatan. Silakan kunjungi disini dan juga disini.

Labels:

posted by Admin at Sunday, December 28, 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home